Minggu, 06 Januari 2013

Pembelian

Pembelian adalah proses penemuan sumber dan pemesanan bahan, jasa, dan perlengkapan. Kegiatan tersebut terkadang disebut Pengadaan barang. Tujuan utamanya adalah memperoleh bahan dengan biaya serendah mungkin yang konsisten dengan kualitas dan jasa yang dipersyaratkan. Terlepas dari memastikan bahwa perusahaan mempunyai persediaan bahan tanpa henti, adalah fungsi dari pembelian untuk memastikan bahwa ada keseimbangan antara persediaan bahan dengan tingkat inventaris sehingga perusahaan dapat mempertahankan posisi labanya sepanjang menyangkut biaya bahan.

Pembelian dianggap penting karena:
1. Perbaikan & Pengurangan Biaya
Pembelian dengan harga yang tepat (tidak mahal dengan kualitas bagus) akan memperbaiki dan mengurangi biaya / estimasi budget untuk itu perlu adanya bekerja sama dengan banyak supplier untuk mendapatkan harga yang bersaing.

2. Perbaikan Penyerahan Produk
Dengan pembelian yang tepat waktu sesuai dengan waktu kebutuhannya akan memperbaiki penyerahan produk ke divisi produksi agar produksi dapat berjalan dengan lancar. Pembelian yang terlambat akan menghambat proses produksi pula, oleh sebab itu pembelian sangat penting.

3. Percepatan Waktu Siklus Proses
4. Akses Pada Produk dan Teknologi
5. Perbaikan Mutu

Prinsip Pembelian adalah right quality, right quantity, right time, right place, right price, and right source.

sumber
- http://indonesia.smetoolkit.org/indonesia/id/content/id/435/Pengelolaan-BahanAnda
- http://ndainlogistic.blogspot.com/2011/04/arti-pembelian.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar