Dalam ekonomi manajerial, tujuan pokok manajemen adalah memaksimumkan nilai perusahaan. Memaksimumkan nilai perusahaan mencakup faktor-faktor penentu penerimaan, biaya dan tingkat diskonto (discount rate) untuk setiap tahun pada masa yang akan datang. Penerimaan total (TR) suatu perusahaan secara langsung ditentukan oleh jumlah produk yang terjual dan harga jual. Ini berarti TR = P (harga produk) x Q (kuantitas).
MAKSIMALISASI NILAI PERUSAHAAN
Dalam ekonomi manajerial, tujuan utama manajemen dianggap untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan ini diekspresikan dalam suatu persamaan sebagai berikut:
VALUE = Keuntungant( 1 + I )t = TRt-TCt( 1 + i )t
Dimana:
TRt = Total Revenue (total pendapatan) pada periode t
TCt = Total Cost (total biaya) pada periode t
TR = P x Q.
Faktor-faktor berpengaruh terhadap pendapatan (P*Q) adalah Demand dan Supply:
• Disain produk
• Strategi periklanan
• kebijakan harga jual produk
• Kondisi ekonomi secara umum; dan
• Tingkat persaingan yang terjadi.
Proses keputusan memerlukan 2 langkah:
• Hub ekonomi harus diekspresikan dlm bentuk yang tepat agar dapat dianalisis.
• Apl berbagai teknik eval berbagai alt untuk memperoleh solusi optimal
sumber: wikipedia - ekonomi manajerial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar