Minggu, 20 Oktober 2013

Teori Lokasi Dalam Pemilihan Tempat Usaha

Tugas Etika Bisnis 2

Topik:
Teori August Losch mengatakan bahwa lokasi penjual berpengaruh terhadap jumlah konsumen yang dapat dijaringnya. Makin jauh dari pasar, konsumen enggan membeli karena biaya transportasi (semakin jauh tempat penjualan) semakin mahal. Produsen harus memilih lokasi yang menghasilkan penjualan terbesar. Losch menyarankan lokasi produksi ditempatkan di dekat pasar (Centre Business District). Maka dari itu produsen harus memilih lokasi yang dapat menghasilkan keuntungan maksimum. August Losch merupakan orang pertama yang mengembangkan teori lokasi dengan segi permintaan sebagai variabel utamanya. Teori ini bertujuan untuk menemukan pola lokasi industri sehingga tercipta keseimbangan spasial antar lokasi.

contoh kasus:
Keberadaan minimarket yang telah menjamur di sejumlah wilayah di Indonesia, dengan itu keberadaannya membawa dampak positif dan negatif. Positif dengan memajukan sistem perdagangan dari tradisional ke modern, akan tetapi dampak negatifnya adalah sistem perdagangan tersebut membuat para pedagang tradisional lemah dalm persaingan bisnis, omzet mereka otomatis tertekan. Bahkan tak jarang banyak toko tradisional gulung tikar akibat keberadaan mini market seperti Indomaret, Alfamart, Circle K dan sekarang Seven Eleven.
Keunggulan strategi format toserba (toko serba ada) berpotensi pada pilihan lokasi, sistem informasi handal, suasanya nyaman, kelengkapan produk dan harga yang murah. Faktor terakhir itu yang menurut saya yang menyebabkan beralihnya para konsumen dari pasar tradisional ke pasar modern. “kenapa si toserba bisa lebih murah sih?” pemangkasan biaya transportasi dan dana-dana tambahan dari tangan kedua lah yang menyebabkan terjadinya penyederhanaan harga. Mayoritas toserba itu memiliki pabrik produksi sendiri atau mereka langsung berhubungan dengan si pabrik tanpa perantara lagi.
Saat ini ada SERIBU DELAPAN RATUS ENAM PULUH DELAPAN minimarket di DKI Jakarta ajah!
1.443 diantaranya tidak memiliki perizinan atau izinnya gak lengkap. Selain itu 37 diantaranya menyalahi aturan jarak “harus lebih dari 500m dari pasar tradisional. Protes dilayangkan ke pemilik 7-11 dr alfamart dan indomart, dimana harusnya minimarket sudah sangat dibatasi, tetapi 7-11 masih terus melebarkan sayapnya. Nah katanya perizinan Sevel bukan untuk minimarket melainkan restoran. Seribu cara di keluarkan demi meraup keuntungan sebesar-besarnya walaupun berdiri diatas penderitaan pasar tradisonal.
Kententuan Pemda yang berlaku, pendirian minimarket minimal harus berjarak 500 meter dari pusat pasar tradisional hal ini dimaksudkan agar para pedagang tradisional tidak resah untuk disaingi dengan keberadaan si pasar modern.
Keberadaan toserba-toserba itu juga yang menjadikan masyarakat lebih konsumtif. Mereka selalu membuat inovasi yang tidak dilakukan oleh pasar tradisional seperti pemberian diskon, membuat paket ekonomis, harga khusus members dan bonus belanja. Dengan cara seperti itu bagaimana kita bisa menolak coba?
Mudah-mudahan Pemda bisa segera menemukan jalan keluar yang lebih adil bagi kedua pihak terutama dari pihak pedagang di pasar-pasar tradisonal yang terancam hidupnya.

Analisis:
Dilihat dari contoh kasus diatas dapat disimpulkan bahwa masyarakat sekarang lebih memilih berbelanja di minimarket dibandingkan pasar tradisional, karena kebanyakan masyarakat sekarang lebih meyakini bahwa jika bila berbelanja di minimarket/toserba memiliki banyak keuntungan dan membuat nyaman calon konsumen yang ingin berkunjung untuk berbelanja.
Di dekat rumah saya sudah banyak sekali minimarket yang berdiri, dan banyak sekali minimarket yang saling berdekatan dan tidak sesuai dengan undang-undang berdirinya bangunan. Apalagi berdekatan dengan pasar tradisional, padahal dari contoh kasus diatas sudah dijelaskan bahwa pendirian minimarket minimal harus berjarak 500 meter dari pusat pasar tradisional, menurut ketentuan pemda yang berlaku. Dengan demikian semakin banyak minimarket yang berdiri, semakin banyak pula sumber lapangan kerja yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
Jadi sekarang tinggal kita yang pintar-pintar memilih mana minimarket yang baik dan memberikan harga yang murah, dan menurut saya semakin banyak minimarket berdiri semakin mudah kita untuk mendapatkan kebutuhan yang kita inginkan untuk sehari-hari.

Refrensi:

http://belajarmenjadigeograf.blogspot.com/2009/11/teori-lokasi-august-losch.html
http://jafarjunior.wordpress.com/2012/04/30/mini-market-menjamur-pasar-tradisional-tersungkur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar